Kamis, 18 Oktober 2012

BERINVESTASI SETELAH MENGENAL GAHARU

GAHARU - Pohon gaharu (setelah kita memahami) memiliki prospek cerah nan menggiurkan ? Tidak percaya ? Mengutip dari situs online matanews.com dikabarkan harga getah gaharu mencapai Rp 5 juta hingga 20 juta per kilogramnya. Harga itu tergantung dari jenis dan kualitas gaharu. Untuk getah gaharu yang berkualitas rendah dan berwarna kunimg saja laku dijual seharga Rp 5 juta per kilogramnya. 

Gambar: Macam Hasil Gaharu

Sedangkan untuk getah gaharu yang berkualitas baik dan berwarna hitam laku dijual seharga antara Rp 15 juta hingga 20 juta per kilogramnya. Dan perhatian, harga jual yang dipaparkan di atas adalah harga tahun 2009 alias tiga tahun yang lalu. Jadi bisa dipastikan bila harga jual getah gaharu yang terbaru (2012) jauh lebih tinggi dari pada kisaran 20 juta tadi!

Guna mengoptimalkan prospek dan potensi ekonomi dari berinvestasi gaharu, tentunya ada faktor-faktor yang harus dan wajib diperhatikan secara seksama. Sebelumnya telah dipaparkan sedikit tentang jarak tanam pohon gaharu. Nyatanya bukan itu saja. Ada hal lain yang juga wajib dan terutama, untuk mendapatkan hasil yang maksimal – gaharu memang membutuhkan perlakuan yang khusus.

Semua ini dimulai bahkan sudah dimulai ketika menyemai bibit gaharu. Arpan, seorang petani pembudidaya gaharu, misalnya. Kepada kompas dia menyatakan, “Dalam persemaian, gaharu butuh perlakuan khusus, seperti cara menyiramnya. Sedikit saja batang anakan goyang atau tanah di sekitar anakan hanyut tersiram air, gaharu tak bisa tumbuh, mati.”

Dan setelah pohon anakan gaharu tumbuh besar dan kokoh, untuk mendapatkan getah gaharu yang berkualitas baik pun kita perlu campur tangan. Gaharu sendiri, sejatinya secara alamiah dihasilkan tanaman sebagai respon dari masuknya mikroba yang masuk ke dalam jaringan yang terluka. Luka pada tanaman berkayu dapat disebabkan secara alami karena adanya cabang dahan yang patah atau kulit terkelupas, maupun secara sengaja dengan pengeboran dan penggergajian.

Menginfeksinya mikroba ke dalam jaringan tanaman dianggap sebagai benda asing sehingga sel tanaman akan menghasilkan suatu senyawa fitoaleksin yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap penyakit atau patogen.  Senyawa fitoaleksin tersebut dapat berupa resin berwarna coklat dan beraroma harum, serta menumpuk pada pembuluh xilem dan floem untuk mencegah meluasnya luka ke jaringan lain.

walaupun untuk sekarang, agak susah untuk mendapatkan sejumlah besar gaharu yang berkualitas baik tanpa campur tangan manusia. Sebab jumlah gaharu semakin langka saja, terutama oleh penembangan yang dilakukan secara serampangan. Banyak pemburu getah gaharu yang membabat habis pohon tersebut tanpa ada kesadaran untuk menanam kembali. Sehingga jumlah gaharu yang berkualitas baik, biasanya berwarna hitam, menjadi sulit di dapat.

Gambar: Pohon Gaharu Siap Proses

Selain itu, kini telah pula ditemukan metode teknik produksi gaharu buatan yang tak kalah dengan yang alami. Dengan memanfaatkan metode teknik produksi gaharu buatan ini, kita bisa memanen gaharu dalam tempo lebih cepat. Yakni sekitar satu hingga dua tahun, gaharu sudah bisa dipanen. Sementara dengan cara alamiah, baru bisa dipanen setelah tiga tahun.

Solusi yang sederhana memproduksi gaharu berkualitas baik ini, bisa dicontek dari Miran. Warga Desa Langkang, Pulau Laut Timur yang telah membudidayakan gaharu ini berbagi tips. Menurutnya untuk menanam pohon gaharu dan menghasilkan getah yang banyak diperlukan perawatan khusus. Pada saat pohon gaharu berumur tententu, itu perlu disuntik dengan obat pemuncul getah. Dimana setiap pohon perlu disuntik dengan satu ampul obat pemuncul getah seharga Rp 300 ribu per ampul.

7 komentar:

  1. Saya punya kayu gaharu dan galih/ gubalnya, jenis aquilaria malacensis..insyalloh tidak kecewa, smntara masih glondongan untk lbih myakinkan pembeli, saya berminat segra menjualnya,smntara ada 2 kuintal, gubalnya masih didalam glondongan kayu, dan insyalloh kalo ini segra terjual saya mash mmpunyai stok yang super, saya BERNIAT MENJUALNYA SEGERA, BAGI YANG BERMINAT SEGRA HUBUNGI SAYA,
    Hubungi saya.. rudi surabaya, 082393992448

    BalasHapus
  2. Klo pnya getah nya bs dijual kemana.. 081385217431

    BalasHapus
  3. di jual cepat 1200 pohon gaharu umur 14 tahun lokasi tanah grogot kalimantan timur, dijual Rp.1,5jt/pohon(nego). hub 085222440659/081322384757

    BalasHapus
  4. Saya punya gubal gaharu dapat dari hutan irian, yg berminat silahkan hubungi nomor 085320535048, ada sekitar 10 kg

    BalasHapus
  5. Dovo Titanium teeth Dog House for sale - Titsanium Art
    In this article, we titanium dab nail will titanium undertaker discuss Dovo's best selling titanium vs platinum Dovo titanium wedding ring teeth dog house. We are microtouch solo titanium one of the leading breeders in the industry

    BalasHapus